Sabtu, 16 September 2017

Pure Eksotis “Pantai Jelenga” desa Jereweh. Sumbawa Barat

Oleh: Sofian Hadi
Mahasiswa Pascasarjana UNIDA Gontor

 

Taliwang. Tidak dapat dipungkiri, melepas kejenuhan selalu menjadi pilihan utama bagi para traveler atau tourist baik lokal maupun mancanegara dalam menghilangkan penat. Kadang butuh budget besar untuk sekedar mencari lokasi nyaman melepas rasa lelah. Hal ini akan terasa mudah jika banyak wisatawan yang punya persiapan subur untuk melancong ke beberapa lokasi eksotis di sudut dunia ini.

Bagi sebagian orang Indonesia, tidak perlu jauh-jauh untuk menjadi seorang traveler atau touris. Karena, di pulau kita sendiri, begitu banyak lokasi cantik yang menarik untuk melepas rasa jenuh bersama keluarga atau teman sejawat. Jika dilihat dari luasnya perairan di Indonesia yang kurang lebih  3.544.743,9 km² menurut data Kemendagri 2010. https://pesonaalamindonesia2.wordpress.com/2017/05/16/seberapa-luas-lautan-indonesia/ Hal ini sangat menakjubkan bahwa secara perhitungan Indonesia masuk menjadi negara yang perairan terluas ke Sembilan di dunia. http://www.libgar.com/2017/07/10-negara-dengan-wilayah-perairan-terluas-di-dunia.html. Melihat begitu besar perairan di negara kita sendiri, maka tidak salah kita harus mencari destinasi wisata yang masih tersembunyi di sudut pulau daerah kita sendiri. 

Di era yang serba canggih ini, begitu mudah mencari destinasi wisata sampai ke pelosok dunia. Apalagi didukung oleh sarana transportasi yang serba mudah dan murah. Jika anda para pelancong ingin menggunakan jasa udara maka anda cukup mencari di https://www.tiket.com/ semua kebutuhan perjalalan anda dijamin mudah. Transportasi udara siap mengantarkan anda menuju dertinasi yang anda impikan. Jika menggunakan transportasi darat pun anda tidak usah membuang waktu dan menacari tiket ke terminal atau datang ke stasiun kereta, semuanya telah tersedia di https://www.tiket.com/ yang akan membantu dan menemani perjalanan gtraveling anda kemanapun.

 Suasana Pantai Jelenga
   
Sebagai contoh, di daerah Sumbawa Barat tepatnya di desa Jereweh terdapat sebuah pantai nan sangat eksotis. Namanya “Pantai Jelenga” atau “Jelengan Beach” letaknya kurang lebih tiga puluh menit dari Taliwang. Sebelum memasuki wilayah pantai yang cantik, pengunjung akan di sambut oleh hijaunya pohon dan kayu yang tumbuh lebat di samping jalan menuju pantai Jelenga. Hamparan perkebunan yang digarap para petani disekitar jalan menuju pantai, semakin memanjakan mata para pengunjung. 

Selanjutnya, pengunjung akan diuji dengan tanjakan kecil, sebagai pertanda bahwa beberapa menit lagi akan memasuki daerah pantai. Setelah melalui tanjakan sedang ini para pengunjung bisa mengambil moment dengan latar indah pegunungan dan kotak-kotak persawahan yang alami. Hijau dan kokohnya tanaman kayu yang menjulang tinggi bukti bahwa disekitar jalan ini masih dirawat dan dijaga kelestariannya.

Perjalanan ke Pantai Jelenga

Warga disekitar pantai sangat ramah, siapapun yang datang ke pantai Jelenga akan dipandu dengan beberapa tulisan di kiri kanan jalan lengkap dengan tanda panah yang semuanya menuju kearah pantai Jelenga. Hal inilah yang menjadi pengalaman penulis dan teman-teman ketika berkunjung ke pantai ini. Ketika penulis pertama kali berkunjung ke pantai Jelenga dan kami diarahkan oleh simbol-simbol yang di tulis dengan cat kayu guna memudahkan para pengunjung untuk akses kerah pantai.

Sebagai seorang penikmat pantai dadakan, penulis dan teman-teman sangat takjub dengan keindahan dan kecantikan pantai Jelenga. Hamparan pasir putih, bersih dan birunya laut luas menyambut kami yang tiba kira-kira pukul dua siang hari. Kami tidak dapat membayangkan jika pantai Jelenga ini dapat di promosikan menjadi objek wisata terindah di dunia.

Kami tidak dapat menunggu lama untuk mengabadikan moment yang indah itu. Deni yang membawa kamera Canon lengkap dengan triple standnya langsung mengatur posisi guna pengambilam gambar. Keindahan pantai ini ternyata menjadi kekuarangan karena letaknya di tempat terpencil, karena sebagian besar pengunjungnya adalah para nelayan yang menjaring ikan dilokasi pantai ini. Setelah kami mengabadikan moment yang indah itu, kami istirahat sejenak di atas berugak yang dibangun sebagai tempat untuk melepas penat.

Tidak hanya disitu, kecantikan pantai Jelenga ternyata semakin lengkap dan sempurna, karena sore harinya kami disuguhkan dengan drama tenggelamnya matahari di sebelah barat sun set. Sungguh indah dan menakjubkan. Sore itu mega merah menghadang sinar sang surya dengan gagah. Langitpun seolah bersisik dengan rapinya. Sungguh indah sun set sore itu. Setelah beberapa menit menunggu sun set benar-benar redup, kami pun bersiap-siap untuk kembali. Tapi kami berjanji, minggu depan kami akan datang mengunjungi indahnya syurga dunia yang tersembunyi di pantai Jelenga ini.  
Sun Set pantai Jelenga

Sekiranya traveler sejati mempunyai niat untuk menyebrangi lautan menuju Pantai Jelengan di desa Jereweh, Sumbawa Barat, penulis akan memberikan beberapa penjelasan singkat dan akurat. Jika para traveler mania hendak menggunakan jalur darat, maka cukup menjari Bus jurusan Taliwang, Sumbawa Barat. Kalau perjalanan dari pulau Jawa maka dengan mudah traveler mania menaiki Bus Tiara Mas atau Titian Mas. Kedua Bus ini akan mengarungi tiga pulau, Bali, Lombok dan ulau Sumbawa. Perjalanan ditempuh kurang lebih dua hari dua malam. Cukup melelahkan, akan tetapi para traveler akan disuguhkan dengan pemandangan unik sepanjang perjalanan. 

 Pelabuhan Kayangan Lombok 

Destinasi terakhir traveler akan menyandar di pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat. Sesampainya di pelabuhan Poto Tano maka traveler akan di antar ke tampat tujuan yaitu terminal Tana Mira Taliwang, Sumbawa Barat. Selanjutnya  traveler dapat menacari penginapan di sekitar kota Taliwang. Tersedia Hotel Grand Royal, Hotel Ifa, Hotel Tubalong, Hotel Mawis dan Hotel Andi Graha. Serta nikmatilah suguhan teh dan kopi yang hangat setiap pagi. Setelah menikmati kopi pagi, traveler mania bersiap-siap akan melihat eksotisnya pantai Jelengan di Jereweh, Sumbawa Barat. Perjalanan hanya tiga puluh menit dapat menggunaka jasa travel atau ojek yang siap 24 jam di area Taliwang.     

Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat

Sebaliknya, jika traveler ingin menggunakan jasa transportasi udara, maka ini akan lebih mudah dan cepat. Traveler cukup klik tiket.com untuk mencari destinasi ke Lombok International Airport (LIA). Perjalanan dari pulau Jawa ditempuh kurang lebih 55 menit, traveler sudah tiba di pulau Lombok. Bagi para traveler yang tidak mau repot dengan barang bawaannya, cukup menggunakan jasa travel dari Bandara Lombok langsung ke pelabuhan Kayangan Lombok Timur, atau dapat juga menggunakan Bus Damri jurusan Lombok Timur. Setelah  itu, akan diantar ke pelabuhan Kayangan untuk menyebrangi Pulau Sumbawa/ selat Alas. Perjalanan kurang lebih dua jam tiga puluh menit. Akhirnya sampailah di pelabuahan terakhir Poto Tano Taliwang. 

 Bandar Udara International Lombok


Sangat simple kan. Tunggu apa lagi Jelenga Beach menunggu para traveler!   
                




3 komentar:

  1. KSB memang sangat pantas dijadikan destinasisemua jenis wisata...untuk pantainya...semua pantai di KSB adalah CANTIK

    BalasHapus
  2. Sutuju Nunda Sugrawati. Pantai KSB sangat menjanjikan, tinggal pemerintahnya bagaimana promote dan membuka akses untuk pelancong Domestik dan Mancanegara.

    BalasHapus
  3. Bhagus bhanget pantai jelengah... Asyeek...

    BalasHapus